LebakPolitik

Anggota DPRD Lebak Ungkap Dugaan Penyelewengan Verifikasi Calon Agen E-warong

BANTENMORE, LEBAK – Dugaan adanya KKN calon agen E-warong dadakan program BPNT di wilayah Kabupaten Lebak diungkap oleh Anggota DPRD Lebak Fraksi PPP Musa Weliansyah.

Hal itu lantaran Tim Koordinator (Tikor) program BPNT tingkat kecamatan, TKSK dan pihak Bank penyalur yang mana saat ini tengah memverifikasi ratusan calon agen E-warong yang baru di tiap kecamatan.

Musa mengendus adanya keterlibatan oknum Kepala Desa dan Prades yang mencalonkan keluarganya sebagai calon agen E-warong juga mengendus adanya calon agen E-warong dadakan yang direkomendasikan oknum kades.

“Maka itu, saya meminta Tikor kecamatan, TKSK dan pihak Bank agar selektif, profesional dan transparan dalam melakukan verifikasi calon agen yang baru,” ucap Musa Weliansyah, belum lama ini.

Di Lebak, menurutnya ada ratusan agen yang harus diganti karena tidak termasuk kriteria dalam Pedoman Umum (Pedum) perubahan program Sembako tahun 2020.

“Jumlahnya ada sekitaran 277 agen E-warong program BPNT atau program BSP di wilayah Kabupaten Lebak yang harus diganti,” tegas Musa.

Sebab, kata dia menurut Pedum perubahan program sembako tahun 2020, Kades maupun istri kades, Perangkat Desa maupun istrinya, PNS maupun istrinya hingga pendamping sosial tidak boleh menjadi agen BPNT.

“Maka otomatis 277 agen ini harus diganti dan tidak ada lagi agen yang dadakan atau yang direkomendasikan oknum kades yang notabenenya masih keluarga,” ungkapnya.

Musa menegaskan, dirinya tak akan segan-segan untuk membawa ke ranah hukum jika hasil verifikasi tim Tikor kecamatan, TKSK dan Bank penyalur tidak selektif atau masih meloloskan agen dadakan atau masih meloloskan keluarga oknum kades yang direkomendasikannya.

“Harapannya Tikor kecamatan program BPNT, TKSK dan pihak Bank untuk benar-benar selektif dalam memilih agen E-warong nantinya. Jangan ada lagi agen yang dadakan atau keluarga yang direkomendasikan oknum Kades,” imbuhnya

“Jika nantinya masih ditemukan hal tersebut, maka saya meminta agar Aparat Penegak Hukum agar segera menindak hasil verifikasi tersebut,” tambahnya. (Red)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker