Ekonomi Bisnis

Investor Ritel Tolak Pengenaan Bea Meterai Rp 10.000, Begini Respon Ditjen Pajak

BANTENMORE, JAKARTA – rencana Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menarik bea meterai Rp 10.000 untuk setiap Trade Confirmation (TC) tanpa batasan nilai mendapat keluhan dari investor di pasar saham Indonesia.

Para investor ritel khususnya menolak rencana tersebut. Mereka menilai pengenaan bea meterai ini tidak adil dan justru menggerus keuntungan atau malah modal investor sebab investor juga membayar pajak untuk setiap transaksi.

Parahnya lagi kalau nilai pembelian saham di bawah Rp 100.000 harus dikenakan bea meterai Rp 10.000 yang dapat membuat investor berpikir berkali-kali sebelum melakukan transaksi tersebut.

Terkait dengan hal ini, Ditjen Pajak langsung memberikan konfirmasi. Berikut pernyataan Ditjen Pajak seperti dikutip dari situ Ditjen Pajak:

Sehubungan dengan beredarnya informasi di masyarakat bahwa mulai 1 Januari 2021 Bea Meterai dikenakan atas Trade Confirmation (TC) sebagai dokumen atas transaksi surat berharga (saham, obligasi, dan lain-lain) tanpa ada batasan nilai, dengan ini disampaikan klarifikasi sebagai berikut:

  1. Saat ini Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tengah menyusun peraturan pelaksanaan atas Undang-Undang Bea Meterai yang baru (UU Nomor 10 Tahun 2020).
  2. Pengenaan Bea Meterai akan dilakukan terhadap dokumen dengan mempertimbangkan batasan kewajaran nilai yang tercantum dalam dokumen dan memperhatikan kemampuan masyarakat.
  3. Di samping itu, dalam rangka mendorong atau melaksanakan program pemerintah dan/atau kebijakan lembaga yang berwenang di bidang moneter atau jasa keuangan, dapat diberikan fasilitas pembebasan Bea Meterai.
  4. DJP sedang berkoordinasi dengan otoritas moneter dan pelaku usaha untuk merumuskan kebijakan tersebut.

Demikian disampaikan untuk dipahami sambil menunggu peraturan pelaksanaan UU Bea Meterai tersebut diterbitkan. [Kontan]

Redaksi

Redaksi

BANTENMORE adalah situs berita yang diterbitkan oleh PT Wartalika Jurnalhitz Info Grup (PT WJI Grup) dengan slogan Bukan Sekedar Berita, yang mengutamakan standar jurnalisme berkualitas dan mengedepankan kaidah serta etika jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker