BantenSerang

Jurnalis Serang Raya (JSR) Terbentuk, Pemred Bantenmore Serukan Dukungan

BANTENMORE, SERANG – Rumah makan dapur indah yang beralamat di Jl. Raya Serang – Jkt KM 63, Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Serang, Banten menjadi saksi bisu dibentuknya Forum Jurnalis Serang Raya (JSR). Minggu (10/1/2021).

Nampak para pewarta dari berbagai media yang bertugas di wilayah Serang Raya hadir dalam pembentukan Jurnalis Serang Raya (JSR).

Dari hasil kesepakatan para pewarta, Ansori terpilih secara aklamasi menduduki jabatan sebagai Ketua JSR.

“Terima kasih atas dukungan rekan-rekan seprofesi yang telah mempercayakan saya menjabat ketua JSR. Kedepan program saya adalah meningkatkan SDM jurnalis melalui pelatihan-pelatihan jurnalistik,” ucap Ansori disela sambutannya setelah terpilih menjadi ketua JSR.

Lanjutnya, hari ini kita telah menyatukan visi misi kawan-kawan jurnalis se-Serang Raya. Dan semoga saja dalam menjalankan organisasi ini tidak ada hambatan kedepannya.

“Kita juga akan menggandeng PWI Banten, kemudian juga kita akan bersinergi dengan seluruh unsur baik itu TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta Swasta. Saya harapkan terbentuknya JSR ini juga dapat meningkatkan kapasitas kawan-kawan jurnalis yang ada di seluruh serang raya khususnya,” imbuhnya.

Ansori juga berharap kepada para pewarta yang ada di JSR agar lebih profesional melakukan tugasnya sebagai jurnalis.

“Terutama dalam hal penulisan berita, dimana itu harus memenuhi unsur 5 W + 1H dan kode etik jurnalistik,” pinta Ansori.

Terpisah, Ketua PWI Banten Rian Nopandra mendukung atas terbentuknya JSR, pihaknya juga mendukung langkah rekan-rekan pewarta yang ada di serang raya membentuk suatu wadah bagi jurnalis yaitu Forum Jurnalis Serang Raya (JSR).

“Kami di PWI Banten selalu mendukung. Asalkan Forum JSR ini sesuai koridor jurnalistik dan tidak menyalahi aturan. Dan kita siap untuk memberikan pembinaan terhadap siapapun, tentunya dalam upaya peningkatan SDM para wartawan,” tegas pria yang akrab disapa Opan ini.

Salain itu Opan juga berharap, kepada forum JSR yang baru terbentuk agar tetap menjaga independensi serta menjunjung tinggi kode etika jurnalistik, sehingga lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Berdasarkan peraturan dasar PWI Pasal 9 poin 2, bahwa Anggota PWI dapat menjadi anggota dan atau ketua forum wartawan atau kelompok kerja wartawan di instansi/lembaga sepanjang tidak berbadan hukum dan tidak bertentangan dengan PD PRT, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku Wartawan,” papar Opan.

“Semoga kedepan dibawah binaan PWI Banten, JSR dapat meningkatkan kompetensi anggotanya melalui KLW dan UKW,” tambahnya.

Para jurnalis yang terhimpun dalam Forum Jurnalis Serang Raya (JSR). (Foto : Rudi/Bantenmore) jurnalis serang raya (jsr) terbentuk, pemred bantenmore serukan dukungan - Jurnalis Serang Raya JSR 1 - Jurnalis Serang Raya (JSR) Terbentuk, Pemred Bantenmore Serukan Dukungan
Para jurnalis yang terhimpun dalam Forum Jurnalis Serang Raya (JSR). (Foto : Rudi/Bantenmore)

Atas dibentuknya Jurnalis Serang Raya (JSR), Pemimpin Redaksi (Pemred) Bantenmore, Rahmat Hidayatullah menyampaikan pesan kepada para pewarta bantenmore yang ada di wilayah serang raya agar ikut berkumpul dengan PWI atau JSR.

“Kalau organisasi pers dibawah naungan PWI, AJI atau Organisasi yang sudah terverifikasi di dewan pers itu pasti sudah bagus pembinaannya. Jadi saya menyarankan para pewarta bantenmore yang ada di wilayah serang agar ikut bergabung di PWI atau JSR supaya dapat menimba pengalaman,” kata Rahmat.

Ia juga mendukung keberadaan JSR dan mendoakan agar JSR menjadi wadah jurnalis yang solid meskipun baru seumur jagung. Yang terpenting itu, kata Rahmat, dalam berorganisasi jangan timbul rasa curiga, apalagi memperebutkan jabatan ini itu atau merasa tidak di hargailah di organisasi tersebut.

“Intinya sih tetap solid aja membangun nama JSR di sana, karena jika ada perpecahan seperti yang saya sebutkan tadi yang pasti JSR akan berantakan. Oleh sebab itu juga saya tekankan pewarta saya di wilayah serang agar tidak menimbulkan perpecahan,” tandasnya. (Rudi Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker