BantenSerang

Kelompok Nelayan Lelang Baru Panimbang Adakan Syukuran Sedekah Bumi dan Laut

BANTENMORE, PANDEGLANG – Guna mensyukuri atas berkat dan karunia yang diberikan Allah SWT. Kelompok Ibu Nelayan di Kampung Lelang Baru, Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten menggelar syukuran sedekah bumi dan laut. Sabtu (13/2/2021).

“Ini sudah menjadi kebiasaan (adat) kami ibu-ibu nelayan Kampung Lelang Baru setiap setahun sekali mengadakan syukuran sedekah bumi dan laut,” ucap Suryi (50) saat ditemui Bantenmoredilokasi syukuran. Sabtu 13 Februari 2021.

Menurutnya, pada intinya masyarakat nelayan Kampung Lelang Baru menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala kemudahan yang telah diberikan dan minta perlindungan agar di jauhkan dari bencana, musibah serta mara bahaya.

“Harapan kami juga agar di tahun ini. Musim timuran betul-betul musimnya ikan. Para nelayan pun bisa mengambil rahmat Allah SWT yang bertebaran di lautan,” ujarnya.

Dilokasi yang sama Muslim (42), Ketua RT Kampung Lelang Baru menambahkan, Sebagai Ketua RT sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan syukuran sedekah bumi dan laut (baritan) yang dilakukan oleh kelompok ibu nelayan Kampung Lelang Baru.

“Ini kan syukuran, jadi tidak seperti kacang lupa kulitnya, bahwa hasil laut dan bumi yang di ambil saja setiap saat dan kita (nelayan) enggak mensyukuri hal itu kan nggak etis,” tandasnya. (Anton Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker