BantenPandeglang

Kepala Desa Curugciung Diduga Tidak Transparan Gunakan Anggaran Bumdes

BANTENMORE, PANDEGLANG – Warga Desa Curugciung, Cikeusik, Pandeglang, Banten mulai mencurigai adanya dugaan penyelewengan anggaran Bumdes yang dikelola pemerintah desa curugciung.

Hal ini diutarakan salahsatu warga yang enggan namanya disebutkan kepada Bantenmore, Kamis 28 Januari 2021.

“Terkait anggaran Bumdes yang turun ke Desa Curugciung, Cikeusik, Pandeglang diduga telah menyimpang dari aturan yang berlaku dengan anggaran yang turun secara bertahap yaitu Tahap 1 Rp 70 juta, Tahap 2 Rp 50 juta,dan Tahap 3 Rp 40 juta,” ungkapnya.

Menurutnya anggaran tersebut diduga tidak ada kejelasan secara mendetail dan tidak transparan kepada pengurus Bumdes itu sendiri.

“Semua anggaran sudah ada dananya masing-masing dan harusnya tidak memakai anggaran lain. Dan salahsatu anggaran dana sebesar Rp 70 juta di peruntukan untuk pembuatan tambak/kolam keramba ikan serta pembelian pakan dan bibit ikan,” imbuhnya.

Lanjutnya, tapi itu bukan pembangunan dari nol hanya rehab biasa yang digunakan untuk tambak/kolam ikan tersebut dan seharusnya anggaran nya pun tidak memakan dana terlalu besar.

“Iya pembuatan tambak/kolam itu paling habis memakan dana kurang lebih Rp 20 juta saja. Namun anggaran itu sama sekali tidak diketahui secara detail dan rincian nya oleh pengurus Bumdes, kan aneh?,” paparnya.

Semua dikelola oleh kepala desanya sendri. Bahkan, kata dia untuk tahap kedua dan ketiga juga sama tidak transparansi kepada semua staf dan pengurus Bumdes.

“Paradesnya pun ada merangkap jabatan. Dan masih ada beberapa kegiatan/anggaran yang juga tidak transparan kepada warga masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Curugciung, Bedni dengan singkat mengatakan anggaran tersebut telah di alihkan kegunaannya untuk pembangunan warung wisata bendungan cikoncang.

“Iya anggaran itu telah di alih fungsikan ke pembangunan warung wisata bendungan cikoncang,” kata dia singkat. (Red)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker