BantenSerang

Kerap Diterjang Banjir Bercampur Limbah, Santri Ponpes Salafi Al-Jauhariah Mengeluh

BANTENMORE, SERANG – Disini sudah setiap tahun saat masuk musim penghujan datang selalu dilanda banjir akibat luapan sungai bercampur bahan kimia B3 yang merendam pondok pesantren Salafi Al-Jauhariah.

Hal ini dikatakan pemilik Ponpes Salafi Al-Jauhariah Ustaz Ade Kurniawan kepada Bantenmore, Jumat 5 Februari 2021 di Kampung Ciberem, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Serang.

Pria yang akrab dipanggil Wawan itu menjelaskan, semenjak diterjang banjir aktivitas pondok pesantren lumpuh sama sekali tidak ada kegiatan.

“Rumah tinggal, majlis dan sejumlah kamar santri ikut terendam. Dan jika masih banjir kita sementara harus ngungsi dulu karena air berwarna hitam pekat, berbau dan membuat gatal serta panas di kulit jika kita kelamaan terkena airnya,” ungkap Wawan.

Menurutnya, diduga air bercampur bahan limbah itu dari dua perusahaan yaitu PT. Frans Putra Textile dan PT. Sari Daya Plasindo (PSD). Sebab, kata Wawan sudah ada korban dari efek air limbah tersebut.

“Sudah ada korban nya itu. Maka itu tiap disini kebanjiran kita gak berani berlama-lama berdiam di sini,” imbuhnya.

Sementara salah satu santri yang dipanggil Mang Heru menambahkan, kejadian ini tidak sekali atau dua kali. Namun kerap terjadi setiap tahun.

Santri Ponpes Salafi Al-Jauhariah. (Foto: Iing/Bantenmore) ponpes salafi al-jauhariah - Santri Ponpes Salafi Al Jauhariah 1 - Kerap Diterjang Banjir Bercampur Limbah, Santri Ponpes Salafi Al-Jauhariah Mengeluh
Santri Ponpes Salafi Al-Jauhariah. (Foto: Iing/Bantenmore)

“Walau pun sudah berkali-kali, tapi tidak pernah ada perhatian khusus dari pemerintah setempat maupun dari pihak perusahaan,” beber Mang Heru.

Melalui Bantenmore pemilik Ponpes dan para Santri berharap pemerintah setempat maupun pihak perusahaan mau mendengar keluhan mereka.

“Kami tidak meminta apa-apa hanya butuh kenyamanan dalam proses belajar di pesantren dan tempat tinggal agar terhindar dari bahaya yang mengancam kala banjir bercampur air limbah datang,” pungkasnya. (Iing Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker