BantenSerang

Ketua Umum Aliansi Banten Bersatu (Alibaba) Turun Tangan Minta 3 Perusahaan Bertanggung Jawab Kelola Limbah B3

BANTENMORE, SERANGAliansi Banten Bersatu (Alibaba) menyalurkan bantuan sembako ke pondok pesantren Salafi Al-Jauhariah di Kampung Ciberem, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Serang. Minggu (14/2/2021).

“Kami memberikan bantuan dan support untuk ponpes Salafi Al-Jauhariah setelah sebelumnya ramai pemberitaan banjir bercampur limbah B3 yang setiap tahun menerjang ponpes dan warga di sekitarnya,” kata H. Sunjana Ketua Umum Alibaba saat ditemui Bantenmoredilokasi ponpes Salafi Al-Jauhariah.

Menurutnya, peristiwa banjir yang kerap di alami para santri Al-Jauhariah hingga sampai mengungsi ini sangat memperihatinkan. Pasalnya air banjir tersebut bercampur dengan limbah B3 yang sangat riskan bila ketika banjir itu datang menerjang Ponpes Salafi Al-Jauhariah.

“Yah kasian kan. Mereka (para santri) yang seharusnya diberikan kenyamanan untuk menuntut pendidikan dan dakwah terkait keagamaan. Harus resah bila banjir datang,” ucapnya.

Lanjutnya, pihak pemerintah setempat maupun perusahaan harusnya memiliki kesadaran lebih akan hal ini. Pasalnya pondok pesantren merupakan salahsatu lembaga non formal yang ikut berperan aktif di dalam mencerdaskan bangsa khususnya masyarakat lapisan bawah dan membawa perubahan positif bagi lingkungan.

Baca juga: Kerap Diterjang Banjir Bercampur Limbah, Santri Ponpes Salafi Al-Jauhariah Mengeluh

Baca Juga: Dampak Banjir Bercampur Limbah B3, Warga: Ngadu Sana Sini Nggak Ada yang Dengar

Baca Juga: Forum Cikoja Tindaklanjut Dampak Banjir Bercampur Limbah B3 di Cikande Serang

“Saya berharap dari pihak PT. Frans Putra Textile, PT. Sari Daya Plasindo (PSD) dan PT. Tesika dapat bertanggung jawab atas limbah cair yang merendam pondok pesantren agar tidak lalai dalam pengelolaan limbah yang mengakibatkan masyarakat menjadi korban dan tidak terulang kembali,” pintanya.

Sunjana juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Cikande Kopo Jawilan (Cikoja) dan rekan-rekan Wartawan yang telah ikut berpartisipasi membantu.

“Terima kasih atas kerja rekan Wartawan dan Forum Cikoja, kalau berita ini nggak di blow up mana mungkin kita tau ada kejadian ini. Tetap semangat dan teruskan fungsi sosialnya agar dapat membantu masyarakat kalangan menengah bawah khususnya di kecamatan cikande ini,” tukasnya. (Iing Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker