BantenPandeglang

Nelayan Pesisir Pantai Panimbang Jaya Klaim Musim Ikan Cekong Sebuah Keberkahan

BANTENMORE, PANDEGLANG – Pergantian musim kali ini membuat para nelayan yang berdomisili di pesisir pantai Desa Panimbang Jaya, Kabupaten Pandeglang, Banten dapat tersenyum lebar. Pasalnya musim barat kali ini merupakan sebuah keberkahan bagi perekonomian mereka.

Pendapatan nelayan terselamatkan dengan adanya musim ikan cekong (sejenis ikan tembang). Para nelayan yang notabene kecil bisa melaut dan memperoleh hasil yang sangat luar biasa kali ini.

Suratno (60) salahsatu nelayan pesisir pantai Desa Panimbang Jaya menuturkan, adanya musim ikan cekong ini merupakan suatu keberkahan bagi kami nelayan kecil pesisir pantai desa panimbang dan sekitarnya, hasil tangkapan ikan cekong sudah bisa mencukupi kebutuhan untuk keluarga.

“Kalau tidak ada ikan cekong di musim barat ini, kami nelayan dan keluarga mau makan apa. Karena tidak ada penghasilan dari laut sedangkan kebutuhan sehari-hari harus terpenuhi,” imbuh Suratno kepada Bantenmore, Rabu (6/1/2021).

TPI desa panimbang jaya yang saat ini panen ikan cekong. (Foto : Anton/Bantenmore) ikan cekong - Musim Ikan Cekong 2 300x169 - Nelayan Pesisir Pantai Panimbang Jaya Klaim Musim Ikan Cekong Sebuah Keberkahan
TPI desa panimbang jaya yang saat ini panen ikan cekong. (Foto : Anton/Bantenmore)Ikan

Sementara Ridwan (40) Manajer di TPI Panimbang menambahkan, ini sebuah keberkahan dan barokah untuk kami masyarakat dan nelayan kecil di wilayah TPI Panimbang Jaya dan sekitarnya. Dengan adanya ikan cekong di musim barat ini bisa sebagai penyambung kebutuhan hidup masyarakat panimbang jaya dan sekitarnya.

“Para nelayan kecil bisa melaut, sedangkan masyarakat sekitar yang tidak punya pekerjaan pun bisa bekerja sebagai kuli angkut atau packing. Dan kami selaku pengurus TPI Desa Panimbang Jaya merasa bersyukur sekali dengan adanya ikan cekong ini karena juga menambah ekonomi kami disini,” ujar Ridwan.

Menurutnya, musim adanya ikan cekong ini penghasilan masyarakat bisa meningkat drastis dari sebelumnya dan bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. “Selain itu ini juga bisa meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Kabupaten Pandeglang dengan adanya musim ikan cekong ini,” tandas Ridwan. (Anton Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker