TangerangWisata & Kuliner

Pelaku Usaha Kecil Berharap Pemkab Tangerang Kucurkan Modal UKM

BANTENMORE, TANGERANG – Efek pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan perekonomian dunia secara global khususnya di Indonesia. Tak pelak hal itu pun berimbas pada dunia usaha kecil menengah (UKM) yang saat ini tengah dilakoni Santiani (40) warga Kabupaten Tangerang, Banten.

Kepada Bantenmore, wanita paruh baya yang akrab disapa Ani itu mengatakan sebagai wirausahawan kecil dirinya tetap semangat menjalankan usaha ayam dan ikan bakar, meskipun saat ini kondisi tengah dilanda wabah virus Covid-19 dan pemberlakuan PSBB.

“Iya mau gimana lagi yah. Dibawa enjoy aja, sebab kalau kita gak usaha begini kita gak makan, gak bisa bayar listrik dan lain-lain,” kata Ani. Rabu (20/1/2021).

Ibu satu anak tersebut menceritakan pengalamannya saat merintis usaha di tengah pandemi. Menurut Ani, warung ayam dan ikan bakar yang berlokasi di Desa Talagasari, Cikupa, Kabupaten Tangerang baru ia rintis pada Agustus 2020 tahun lalu.

“Awal buka usaha ini modalnya pas-pasan. Baru jalan ehh udah ada corona, keuntungan juga sangat sedikit bahkan kadang tidak ada sama sekali,” keluhnya kepada Bantenmore.

Lanjut dia, neh yah udah ada Corona harga bahan pokok serba naik seperti ayam dan cabai, kan kondisi seperti ini harus nya pemerintah setempat ikut ngecek harga bahan-bahan di pasar, kalau bisa jangan di mahalin kan kita yang dagang bisa aja sewaktu-waktu gulung tikar kalau harga pada mahal.

Ditanya mengenai harga ayam dan ikan bakarnya, Ani mengatakan bagi yang mau makan disini datang aja langsung gak usah tanya harga, cobain dulu baru bayar.

Memang ayam dan ikan bakar olahan Ani berbeda dari yang lainnya, selain teksturnya lembut dan lezat serta dalam pengolahannya Ani sangat resik dan bersih.

Ayam dan ikan bakar yang dibanderol Rp 16 ribu dan ikan Rp 13 ribu saat di icip-icip rasanya lumayan enak, lembut daging ayam bakar yang dipadukan dengan bumbu racikan Ani membuat lidah awak Bantenmoretak mau berhenti bergoyang mengunyah dan tidak membuat kantong anda tipis.

“Ini wueenaaakk sambelnya pedas nampol,” kata rekan Bantenmoredari Jurnalhitz sambil terus mengunyah daging ayam bakar buatan Ani.

Ayam bakar olahan Santiani. (Foto : Risma/Bantenmore) Pelaku Usaha Kecil Berharap Pemkab Tangerang Kucurkan Modal UKM - Santiani pelaku usaha kecil 1 300x206 - Pelaku Usaha Kecil Berharap Pemkab Tangerang Kucurkan Modal UKM
Ayam bakar olahan Santiani. (Foto : Risma/Bantenmore)

Sambil menikmati ayam bakar, Ani menjelaskan jika usaha yang dilakoninya ini butuh modal. Ia berharap ada bantuan pemerintah kepada para UKM dalam permodalan diwilayah Kabupaten Tangerang.

“Kita juga butuh modal, supaya bisa membesarkan usaha ini. Pelanggan sih mulai ke sini sudah lumayan yang beli,” kata dia.

Ani juga berharap agar pandemi Covid-19 ini segera selesai di Indonesia dan vaksin sinovac buatan China ampuh menekan laju penyebaran corona.

“Ya mudah-mudahan pemerintah bisa menstabilkan harga bahan pokok sih utamanya mah. Dan di 2021 virus corona sudah hilang dari Indonesia serta semua negara yang kena wabah tersebut,” tandas Ani. (Risma Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker