BantenSerang

Pemkot Serang Pastikan Sekolah Tatap Muka Dimulai 4 Januari 2021

BANTENMORE, SERANG – Standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan sekolah tatap muka telah dipersiapkan sejak jauh hari. Wali Kota Serang Syafrudin memastikan PAUD, TK, SD dan SMP melaksanakan belajar tatap muka mulai 4 Januari 2021 mendatang.

“Hal itu sesuai dengan instruksi Menteri Pendidikan. Jadi pada 4 Januari 2021 seluruh sekolah di Kota Serang dibuka semua. Mulai dari SMP, SD, TK, PAUD kami akan buka semuanya untuk uji coba belajar tatap muka,” kata Syafrudin, Sabtu 19 Desember 2020.

Dia menjelaskan, secara teknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah siap melaksanakan sekolah tatap muka.

“Bahkan dari SOP pun sudah siap. Kemudian protokol kesehatan yang lebih diperketat serta hal lainnya yang menjadi program kami, khususnya pembelajaran bisa dilaksanakan tatap muka,” ujarnya.

Syafrudin juga mengklaim Pandemi Covid-19 di Kota Serang relatif aman dan terkendali.

“Alhamdulillah masih kondusif dan aman terkendali semuanya. Jadi kami juga mengimbau masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah dan tidak berpergian,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dindikbud Kota Serang Wasis Dewanto menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan sekolah tatap muka, mulai dari SOP, persiapan ruang kelas, fasilitas dan prasarana lainnya.

“Para guru juga tentunya kami siapkan untuk memberikan metode pembelajaran kepada siswa,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, seluruh guru di Kota Serang telah menjalani rapid test sebagai syarat untuk pelaksanaan sekolah tatap muka.

“Sudah, semuanya sudah kami jalani dan tentunya kami sudah sangat siap untuk melaksanakan itu (sekolah tatap muka). Apalagi sudah sembilan bulan ini siswa melakukan daring,” tuturnya.

Sekolah tatap muka juga, kata dia, bukan hanya keinginan dari Pemkot Serang ataupun Dindikbud, tapi permintaan dari wali siswa.

“Kami juga tidak akan melaksanakan kalau bukan dari permintaan wali siswa. Mereka juga kan jenuh dan mengalami beberapa kendala dalam mendampingi anak-anaknya melakukan sekolah daring,” katanya.

Meski demikian, Dindikbud juga memberikan dua pilihan kepada wali siswa yang tidak mengizinkan anaknya melaksanakan sekolah tatap muka.

“Ada dua opsi, belajar dari rumah (BDR) dan tatap muka. Sekolah-sekolah juga dari tingkat SMP, SD, TK dan PAUD sudah mendaftar ke kementerian atas kesiapannya melaksanakan tatap muka,” ujarnya. [KB]

Redaksi

Redaksi

BANTENMORE adalah situs berita yang diterbitkan oleh PT Wartalika Jurnalhitz Info Grup (PT WJI Grup) dengan slogan Bukan Sekedar Berita, yang mengutamakan standar jurnalisme berkualitas dan mengedepankan kaidah serta etika jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker