BantenPandeglang

Penerima BPNT Tahun 2021 Desa Panimbangjaya Terpangkas

BANTENMORE, PANDEGLANGBantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Panimbangjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada tahun 2020 kemarin dengan peserta sebanyak 1.236 orang. Namun pada tahun 2021 yang tersalurkan hanya 638 orang peserta BPNT dan terpangkas sebanyak 598 penerima.

Hal ini dikatakan Frengky Ismail (42) agen E-Warung di Desa Panimbangjaya. Meski begitu ia mengaku jika penyaluran untuk penerima BPNT tersalurkan dengan aman dan lancar walaupun terjadi pemangkasan kepesertaan.

“Itu kan bukan kehendak kami. Karena saya kan hanya penyalur (agen e-warung), dan pemangkasan itu keputusan langsung dari Kemensos RI, sedangkan yang memvalidasi data-data nya dari Discapil, Dinsos dan BPJS,” kata Frengky kepada Bantenmore. Minggu (24/1).

Sementara adanya pemangkasan kepesertaan BPNT itu, Radis Ketua forum Komunikasi RT/RW (FKRR) Desa Panimbangjaya menyayangkan hal tersebut terjadi.

“Masyarakat yang dikeluarkan dari kepesertaan BPNT itu kan kehidupannya sangat memprihatinkan apalagi saat pandemi Covid-19,” ucap Radis.

Lanjutnya, sebagai wadah aspirasi masyarakat (FKRR) kami akan melakukan upaya mengumpulkan kembali foto copy KK dan KTP masyarakat penerima BPNT yang dikeluarkan dari kepesertaan BPNT atau masyarakat yang belum sama sekali merasakan program BPNT.

“Kita akan minta di input datanya kembali dan mendorong pemerintah desa untuk melakukan pengajuan penerima baru kepesertaan BPNT dengan melibatkan Dinas Sosial dan TKSK Kecamatan Panimbang,” pungkasnya.

Berikut ini kategori kepesertaan BPNT yang terpangkas :

  1. Data ganda dalam satu kartu keluarga
  2. Ganda identik tidak terpilih
  3. Ganda tidak identik tidak terpilih
  4. Kartu KKS yang tidak terdistribusi
  5. Non aktif finalisasi DTKS
  6. Non aktif pengolahan BPJS
  7. Non aktif pengolahan BST
  8. Non aktif pengolahan Discapil
  9. PKH yang sudah digraduasi
  10. Tidak melakukan transaksi kartu KKS (BPNT) selama 3 kali berturut-turut. (Anton Bantenmore)
Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker