BantenPandeglang

Pengrajin Piring Lidi Daun Kelapa di Pandeglang Butuh Suntikan Modal

BANTENMORE, PANDEGLANG – Kampung Cikarang, Desa Pasir Lancar, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang, Banten terdapat banyak pengrajin tradisional piring yang terbuat dari lidi daun kelapa.

Pengrajin itu diantaranya adalah Dadi dan Sajat Setiadi yang mengaku telah berpuluh tahun menjalankan usaha piring yang terbuat dari lidi daun kelapa.

“Iya jalanin usaha ini sih udah puluhan tahun. Namun perkembangannya cuma gini-gini aja belum ada peningkatan masih home industry aja,” kata Dadi kepada Bantenmore, Rabu (6/1/2021).

Dadi dan Sajat Setiadi mengklaim sejak adanya program bantuan modal usaha kepada masyarakat sebesar Rp 2,4 juta melalui Dinas Koperasi dan UMKM. Mereka mengaku belum sama sekali mendapatkan bantuan tersebut.

“Bingung sih gimana caranya supaya dapat bantuan itu yang katanya dari pemerintah pusat. Kita juga kan butuh bantuan modal buat usaha, kan kalau ada modalnya bisa produksi lebih banyak dan buka peluang kerja juga buat masyarakat sini,” keluh Dadi.

Pengrajin piring lidi daun kelapa. (Foto : Enok/Bantenmore) pengrajin piring lidi daun kelapa - Pengrajin Piring Lidi Daun Kelapa 1 300x213 - Pengrajin Piring Lidi Daun Kelapa di Pandeglang Butuh Suntikan Modal
Pengrajin piring lidi daun kelapa. (Foto : Enok/Bantenmore)

Sementara Sajat Setiadi menambahkan, usahanya dari tahun ke tahun tidak ada peningkatan yang signifikan disebabkan masih kurang modal.

“Kalau pemerintah kasih modal kan bisa di peruntukan membeli bahan-bahan produksi juga untuk membayar upah pekerja yang di rekrut dari masyarakat di sekitar sini,” terang Sajat.

Lanjutnya, usaha kita juga akan bisa berkembang mengarah pada pembenahan ekonomi rakyat perdesaan. Sementara ini, kata Sajat yah begini gini aja usaha kita ini karena kurang modal.

“Mudah-mudahan aja ada pemodal yang mau kasih atau dari pemerintah. Kita sih juga berharap ada modal buat kembangin usaha ini,” pungkasnya. (Enok Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker