BantenSerang

Rekannya Dipecat Sepihak, Tokoh Pemuda Jawilan Ngotot Minta PT Abadi Makmur Perkasa Disegel

BANTENMORE, SERANG – Merasa dirinya didzhalimi pihak perusahaan tempatnya bekerja. Muhadin (31) warga Kampung Caringin, Desa Bojot, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten bak jatuh tertimpa tangga.

Pasalnya Muhadin yang bekerja sebagai Harian Lepas di PT. Abadi Makmur Perkasa Km 11 No. 8 Jawilan diberhentikan sepihak oleh pihak perusahaan.

Kepada Bantenmore, Jumat (15/1/2021) Muhadin menceritakan awal ia mendapatkan sanksi tanpa ada permasalahan dengan di mutasi dari operator ke bagian packing.

“Waktu itu alasannya karena mesin yang saya tangani itu mengalami masalah. Padahal ketika sebelum mesin itu saya gunakan memang sudah bermasalah,” kata Muhadin.

Lanjutnya, saya bekerja di bagian operator tetapi menangani masalah olahan bahan hebel mentah menjadi matang. Sementara kalau masalah mesin harusnya pengelola operator bagian dalam yang bertanggung jawab dan bukan saya yang memegang langsung kendali bagian teknis tentang mesin itu.

“Yang menjadi persoalan seharusnya kan bagian mesin pengelola yang harus diberikan sanksi, tetapi kok ini kenapa saya malah yang kena,” bebernya.

Menurutnya yang lebih parah lagi dalam perusahaan itu tentang mempekerjakan karyawan yang ada lebih dari sepuluh orang harus di daftarkan BPJS.

“Tetapi karyawan perusahaan sama sekali tidak ada yang di daftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Sementara menanggapi hal itu, Heru Z selaku pengurus LSM Pelopor Bidang Investigasi sangat menyayangkan ketidak pedulian pihak perusahaan terhadap karyawannya dalam hal ketenagakerjaan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

“Secara tidak langsung pihak perusahaan sudah menlanggar Undang-Undang yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” tegas Heru.

Lebih jauh Heru mengatakan, harusnya perusahaan seperti itu dilaporkan ke Disnaker Kabupaten Serang, apakah izin operasionalnya terdaftar disana dan layak mempekerjakan orang.

“Apalagi situasi sekarang ini memang serba sulit karena adanya pandemi Covid-19. Kalau perusahaan main PHK/Pecat sepihak tanpa ada kejelasaan itu kan namanya sudah melanggar undang-undang tenaga kerja dan harus dilaporkan,” ucapnya.

Ujev yang merupakan Tokoh Pemuda setempat dan rekan dari Muhadin menambahkan, kita harus mengumpulkan massa untuk mendemo PT Abadi Makmur Perkasa juga mendemo Disnaker Kabupaten Serang terkait pembiaran ini.

“Pokoknya perusahaan itu harus segera di segel sama Disnaker dan jangan kita kasih beroperasi di wilayah sini jika tidak mau memberdayakan warga sekitar,” pungkasnya.

Terkait permasalahan tersebut pihak perusahaan PT Abadi Makmur Perkasa hingga berita ini ditayangkan masih belum bisa dimintai keterangan guna konfirmasi. (Red)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker