BantenTangerang

SDN Merak 3 Diduga Jual Buku LKS, Wali Murid: Pusing Kita Jadinya Ekonomi Sedang Sulit

BANTENMORE, TANGERANGKementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menegaskan jika praktik jual beli lembar kerja siswa (LKS) yang dilakukan pihak sekolah dan biasanya bekerja sama dengan penerbit atau pihak ketiga lainnya merupakan pungutan liar (pungli).

Hal itu tertuang dalam UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No 17/2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan terkait larangan penjualan buku paket/LKS di lingkungan sekolah.

Pasal 11 Peraturan Mendiknas No. 2/2008 melarang sekolah bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada peserta didik.

Namun hal itu nampaknya tidak diindahkan kepala sekolah dan guru di SDN Merak 3 Desa Merak, Kecamatan Sukamulya, Kabupten Tangerang. Pasalnya penjualan LKS itu dikeluhkan para wali murid SDN Merak 3.

“Kami selaku wali murid SD Negeri Merak 3 sangat keberatan dengan adanya pembelian buku LKS yang mencapai Rp 100- 110 ribu, karena saat ini lagi susah cari duit, tapi harus bagaimana lagi anak kami kalau tidak beli buku LKS nya, nanti pelajaran nya ke tinggalan,” ungkap salahsatu wali murid yang enggan namanya disebutkan. Selasa (9/2).

Katanya sekarang ini pemerintah untuk sekolah dasar gratis. Tapi, sambungnya nyatanya tetap saja harus bayar buat buku LKS.

“Pusing kita jadinya. Ekonomi sedang sulit ditambah pendidikan untuk anak juga ditekan,” keluhnya.

Saat awak media mencari kebenaran informasi itu dan mencoba mengkonfirmasi ke pihak SDN Merak 3. Kepala SDN Merak 3 tidak ada di tempat, saat hendak mengisi buku tamu juga tidak ada.

“Buku tamunya tidak tau di taruh dimana,”ucap salahsatu guru SDN Merak 3.

Sementara Husen salahsatu guru SDN Merak 3 mengklaim jika pihaknya tidak menjual buku LKS dan itu kerjaan orang dagang.

“Kami disini tidak menjual buku LKS, itu hanya orang dagang saja dan murid kami pun tidak di paksa mau membeli atau nggaknya yah terserah mereka,” terangnya singkat. (Muslih Bantenmore)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker