BantenPandeglang

Tak Pernah Muncul Batang Hidungnya, Peranan TKSK Sukaresmi Jadi Gunjingan Warga

BANTENMORE, PANDEGLANG – Sebagai kepanjangan tangan dari Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang, peran Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKSK) Kecamatan sangat vital untuk mensejahterakan warga masyarakat setempat.

Namun berbeda halnya dengan TKSK di Kecamatan Sukaresmi, Pandeglang. Pasca warga Sukaresmi dilanda berbagai bencana mulai dari banjir di beberapa desa dan rob juga angin puting beliung yang baru saja menerjang Kampung Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi. Batang hidung TKSK Sukaresmi tidak pernah muncul saat warga membutuhkan peranannya.

Hal ini pun dikeluhkan warga dan para relawan, khususnya Relawan Pramuka yang juga menjabat Kabid Organisasi dan Kaderisasi (OK) Pemuda Pancasila MPC Pandeglang, Oni Gusroni.

Melalui Bantenmore, Oni Gusroni mengeluhkan jika selama ini belum pernah melihat gerakan dari TKSK Kecamatan Sukaresmi saat warganya dilanda bencana.

“Batang hidungnya (TKSK) gak pernah kelihatan dilokasi bencana di Sukaresmi. Hanya Danposmil, Polsek dan Relawan Pramuka juga Pemuda Pancasila Sukaresmi yang selama ini saya lihat punya peran saat warga terkena musibah bencana alam,” bebernya. Senin (15/2/2021).

Oni juga menyebut hal itu sudah ditanyakan ke Camat Sukaresmi tentang tugas dan peran serta TKSK. Menurutnya, Camat Sukaresmi Atmaja Suhara pun tidak mengetahui tentang keberadaan TKSK tersebut.

“Iya kata pak Camat gak tau dimana TKSK nya. Karena selama ini, tidak ada jalinan komunikasi dan koordinasi dengan Camat, seperti jalan sendiri-sendiri, padahal fungsi TKSK ada di bawah Camat,” kata Oni menirukan nada Atmaja.

Sementara Ketua Badan Buruh Yoki Fardyansyah dan pekerja Pemuda Pancasila MPC PP Kabupaten Pandeglang turut menyesalkan hal tersebut, tentang keberadaan TKSK yang tidak sejalan dengan Camat dan Muspika Kecamatan Sukaresmi.

“Sangat disayankan yah jika dalam situasi seperti ini peranan penting TKSK tidak terlihat,” ucapnya.

Yoki juga meminta TKSK Sukaresmi agar tidak mementingkan pendampingan BPNT saja.

“Syahwatnya jangan cuma BPNT ajalah. Karena itu kan sudah ada tugasnya masing-masing. Kalau emang gak peduli sama masyarakat yang kena musibah mending diganti aja TKSK nya, ngapain dipertahankan,” tegas Yoki. (Red)

Rahmat Hidayatullah

Rahmat Hidayatullah

Rahmat dikenal punya dedikasi dan loyalitas tinggi. Berkomitmen dalam segala urusan pekerjaannya dan merupakan salahsatu pengelola portal berita Bantenmore. Apabila ada keberatan, atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa, kami melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker